PRAKATA

 

Panti Wredha GPIB "Hanna" di Bogor merupakan rumah tempat singgah dan tinggal orang-orang tua yang merupakan salah satu unit Diakonia dari Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Jemaat "ZEBAOTH" Bogor. Secara organisasi berada di dalam bimbingan dan pembinaan Bidang Pelayanan dan Kesaksian (Pelkes) dibawah Ketua I dan Sekretaris I Pelaksana Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GPIB Jemaat "ZEBAOTH" Bogor. Resmi terbentuk pada tanggal 5 Desember 1977 saat Sidang Mejelis Jemaat GPIB "BOGOR".

Latar belakang adanya Panti ini adalah upaya jemaat untuk melayani para orang tua yang relatif secara ekonomi tidak mampu pada sekitaar tahun 1970an.

Pada awalnya panti ini hanya diperuntukkan untuk kaum wanita saja namun dengan perkembangan yang ada dengan didirikannya bangunan baru pada tahun 2004, panti mulai dihuni juga oleh kaum pria.

Kapasitas hunian saat ini adalah 25 orang. Walau dengan keterbatasan dana, panti ini cukup diminati dan biasanya terisi penuh. Secara umum kondisi kesehatan penghuni dapat dikatakan baik dan dapat mengurus dirinya sendiri, walaupun terdapat sejumlah penghuni yang harus dibantu karena sudah sangat tua atau pikun/jompo.

VISI

 

Mewujudkan pelayanan kasih mengikuti teladan Tuhan Yesus Kristus bagi para lanjut usia.

MISI

 

Melayani dan memelihara para manusia yang berusia lanjut tanpa memandang latar belakang ataupun asal usul baik dari kalangan GPIB maupun dari luar GPIB.

TUJUAN

 

Mewujudnyatakan pelayanan kasih Tuhan Yesus Kristus yaitu memberikan pelayanan untuk pemeliharaan rohani dan jasmani bagi para lanjut usia sehingga mereka dapat tinggal dengan sejahtera tanpa rasa kuatir akan masa depan.

PELAYANAN dan FASILITAS

 

Berbagai pelayanan, yaitu pelayanan rohani berupa Ibadah Mingguan dan PA (Penelaahan Alkitab), Ibadah Syukur oleh Pelkat (Pelayanan Kategorial) PKLU (Persekutuan Kaum Lanjut Usia), dan Ibadah bulanan oleh Pelkat PKP (Persekutuan Kaum Perempuan).

Pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan umum bulanan diselenggarakan oleh Puskesmas Kecamatan Lawanggintung dan UP (Unit Pelayanan) Kesehatan, rujukan ke dokter maupun Rumah Sakit dilakukan dengan menghubungi keluarga terlebih dahulu

Program kegiatan tahunan dirancang dan disusun bersama kegiatan lainnya di GPIB "ZEBAOTH" Bogor. Strategi pelaksanaan kegiatan adalah penyusunan dan pemilahan kegiatan berdasarkan prioritasnya yaitu kegiatan operasional harian/rutin, non rutin, dan kegiatan proyek.

Kamar yang ada sesuai dengan luasannya dihuni oleh 1 atau 2 orang, disertai fasilitas Kamar Mandi dan WC bersama. Ruang tamu, makan, dapur, dan gudang (baik untuk bahan pangan maupun peralatan) merupakan fasilitas yang ada.

PERSYARATAN PENERIMAAN

 

Antara lain pria maupun wanita berusia di atas 60 tahun, mandiri, sehat dan tidak berpenyakit menular sewaktu mendaftar, mempunyai keluarga atau penanggungjawab.

PENDANAAN

 

Untuk penyelenggaraan operasional harian maupun berbagai pelayanan yang ada sangat ditunjang oleh para donatur (baik berupa kelembagaan maupun perorangan) yang tidak mengikat, karena kontribusi dari penghuni tidak mencukupi (beberapa penghuni tidak mampu berkontribusi). Pengeluaran terbesar adalah operasional harian dan biaya pengasuhan (62%). Sisanya untuk biaya kesehatan, pemeliharaan sarana, administrasi, dan lain sebagainya (38%).

Pendanaan berasal dari kontribusi penghuni (14%). Bantuan tetap (6%) diterima dari GPIB "ZEBAOTH" Bogor, selain itu diterima juga adi GPIB "PAULUS" Jakarta (2%). Bantuan lain berupa bantuan tidak tetap diterima juga, baik dari kalangan GPIB dan jemaatnya maupun dari instansi pemerintah yaitu Kementerian Sosial (3%) baik dinas Sosial Provinsi maupun Kota. Sumber lain adalah Yayasan Dharmais (2%), All Saints Anglican Church (8%) dan perorangan/lembaga lainnya (65%).

Piagam Penghargaan tahun 2015

Lokasi


Jl. Skip Gg. Gedung Tujuh No. 19
Lawanggintung Bogor 16134

Telpon & Fax


Telpon : (0251) 8317419
Fax : (0251) 8387419

Rekening Bank


Nama bank : BNI cabang Bogor
Nomor Rekening : 003886460 (Giro)